Seorang Wali Kota di Meksiko Tewas Dibunuh, Diduga Terkait Kartel Narkoba

Infoasatu.com, Jakarta – Seorang Wali Kota di wilayah timur Meksiko tewas dibunuh. Ia dibunuh di wilayah negara bagian yang didera aksi-aksi kekerasan terkait kartel narkoba.

Wali Kota Jamapa di negara bagian Veracruz, awalnya diculik kemudian dibunuh, lalu tubuhnya dibuang di dekat Medellin de Bravo.

Wali kota dan politisi tingkat lokal lainnya diketahui memang kerap kali menjadi sasaran geng yang terkait dengan perdagangan narkoba bernilai miliaran dolar di negara itu.

“Kami telah menerima berita menyedihkan tentang pembunuhan wali kota kota Jamapa,” kata gubernur negara bagian Cuitlahuac Garcia dalam sebuah video yang diposting di media sosial.

Dia bersumpah untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab, seraya menekankan bahwa wali kota lain juga dibunuh bersama suaminya di Veracruz tahun lalu.

Negara bagian ini adalah tempat terjadinya perang berdarah antara kartel-kartel narkoba yang berseteru, Jalisco New Generation dan Los Zetas.

Sekitar 296.000 orang telah tewas dibunuh sejak pemerintah Meksiko mengerahkan militer untuk memerangi perdagangan narkoba pada 2006. Pihak berwenang mengatakan bahwa sebagian besar pembunuhan itu terkait dengan kekerasan geng.

Facebook Comments
Baca Juga :  Satu WNI di Belanda Meninggal Dunia Karena Terinfeksi Covid-19