Kemenag

Stafsus Menag Lepas Kloter 9 Upg Asal Papua Sampaikan Pesan ke Jemaah dan Petugas

Infoasatu.com,Makassar– Staf Khusus Menteri Agama RI Muhammad Nuruzzaman melepas secara resmi keberangkatan 393 orang jemaah haji Kloter 9 Embarkasi Makassar (Upg), di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar. (Senin, 29 Mei 2023)

Berdasarakan data (Siskohat), kloter 9 Upg berasal dari Provinsi Papua terdiri dari Kabupaten Mimika sebanyak 182 orang, Kabupaten Nabire 141 orang, Kabupaten Asmat sebanyak 43 orang, Kabupaten Keerom 12 orang, Kabupaten Biak Numfor 8 orang, termasuk 1 orang dari unsur Kelompok Bimbingan Iabadah Haji dan Umroh (KBIHU) dan 1 orang Petugas Haji Daerah (PHD). Adapun secara usia, JCH Provinsi Papua kloter 9 dengan usia termuda berusia 19 tahun dan tertua berusia 96 tahun

Pada musim haji 1444H/2023M ini, Embarkasi Makassar memberangkatkan 41 kloter jemaah haji yang berasal dari delapan provinsi di Indonesia Timur dengan jumlah Jemaah haji 15.884 orang, belum termasuk kuota tambahan yang akan didistribusi ke Embarkasi Makassar.

Muhammad Nuruzzaman menyempatkan berbincang dengan para jemaah haji lansia usai menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Petugas Kloter 9 Upg. Khusus kepada jemaah haji lansia, Bib Zaman demikian sapaan akrabnya berpesan agar tetap menjaga kondisi fisik selama beribadah. “Kalau butuh apa-apa, segera minta bantuan petugas, jangan sungkan-sungkan,” pesannya.

Ia juga mengingatkan bahwa kondisi cuaca di Arab Saudi suhunya amat tinggi. “Tadi saya cek, hari ini suhunya antara 40-50 derajat celcius. Jangan lupa gunakan alat pelindung diri bila ingin beraktivitas di luar,” ungkapnya.

“Bawa payung atau topi, bawa juga semprotan air untuk membasahi wajah atau bagian kulit yang terpapar matahari. Dan jangan lupa untuk sering minum untuk menghindari dehidrasi,” Stafsus Nuruzzaman

Ia menambahkan, “Jaga kondisi Fisik, sebab haji itu ibadah fisik, Jangan terlalu memforsir tenaga untuk hal hal yang tidak penting, misalnya belanja, apalagi bagi lansia, fokus di ibadah yang wajib saja, simpan tenaga untuk Armuzna (Arafah, Musdalifa dan Mina).

Baca Juga :  Duet Humas Kanwil dan Kankemenag Bulukumba Lecut Semangat Peserta Diklat Kehumasan

Secara Khusus, Stafsus berpesan kepada petugas Kloter agar Jemaahnya diperhatikan dan dilayani dengan baik, mereka itu para tamu Allah, Insya Allah melayani itulah ibadahnya para petugas.

Dengan berangkatnya Jemaah Kloter 9 Upg asal Papua semalam, maka total jemaah haji asal Embarkasi Makassar yang berada di tanah suci sebanyak 3.526 orang dengan rincian 1.376 pria, 2.150 wanita

Selain Staf Khusus Menag RI, Hadir pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Khaeroni Selaku Ketua PPIH Embarkasi Makassar , Kakanwil Kemenag Prov. Papua beserta Jajarannya, dan Para Kepala Bidang di PPIH Embarkasi Makassar.

Facebook Comments