Tanah Longsor di Pejaten Timur Jaksel, 1 Rumah Warga Roboh

Infoasatu.com, Jakarta – Tanah longsor terjadi di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sebagian bangunan rumah milik warga bernama Rojali roboh akibat longsor itu. Sebelum roboh, penghuni rumah sempat merasakan getaran.

Peristiwa longsor itu terjadi pada Kamis (4/2) sekitar pukul 20.00 WIB kemarin ketika hujan terjadi. Saat itu, anak Rojali bernama Syarifudin sedang menambal tembok dapur yang retak.

“Awalnya temboknya retak saya tambal pakai semen, terus hujan jam 8. Nah, yang roboh sebelah sini, goyang semua, tembok jadi ketarik,” kata Syarifudin, Jumat (5/2/2021).

“Saya doang ada di sini. Saya kan udah tahu ini mau roboh, kretek kretek, terus tanahnya bergerak, langsung jatuh dia,” sambungnya.

Syarifudin menuturkan bangunan yang roboh bermula dari kamar mandi. Saat itu Syarifudin sedang berada di antara ruang dapur dan kamar mandi.

“Pertama dari kamar mandi jatuh, roboh, baru tuh semua goyang jatuh. 10 menitan, saya suruh pada keluar, tapi saya tetap di sini. Saya mau lihat saja getar. Alhamdulillah nggak kena,” tuturnya.

Syarifudin menyampaikan bagian ruang yang roboh adalah dapur dan kamar mandi. Terdapat sisa lahan tanah terbuka yang dulu dijadikan gudang di belakang ruang dapur dan kamar mandi yang saat ini tanahnya turun.

“Dapur sama kamar mandi. Belakang lahan tanah kosong bekas gudang,” ucapnya.

Syarifudin mengatakan rumahnya dibangun sekitar 20 tahun lalu. Sampai saat ini, bangunan rumah belum pernah direnovasi.

“Sudah pada retak semua temboknya. Cuma retak saja sedikit. Udahlama, 20 tahun, lupa saya. Bangunan lama ini. Kalau ada duit mah mau direnovasi lagi,” ucapnya.

Lebih lanjut Syarifudin dan keluarganya terpaksa menyewa rumah untuk tempat tinggal sementara. Sebab, dia khawatir bangunan rumahnya sewaktu-waktu roboh semua.

Baca Juga :  Hujan Deras Sejak Semalam, Puluhan Desa di Kebumen Diterjang Banjir-Tanah Longsor

“Sementara ngontrak. Karena ngeri ketarik. Kalau ketarik, roboh lagi ini semua,” imbuhnya.

Facebook Comments