Dinas Kominfo Kota Makassar

Tanggal 3 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek di Sini

Infoasatu.com,Makassar–Ada berbagai momen dan perayaan penting yang diperingati pada 3 November 2023. Lantas tanggal 3 November 2023 ini memperingati apa saja ya?
Tanggal 3 November jatuh pada hari Jumat dalam kalender Masehi. Tanggal tersebut merupakan Jumat pertama di bulan November 2023.

Berbagai momen penting dan unik di berbagai belahan dunia yang diperingati pada tanggal ini. Untuk mengetahui peringatan apa saja yang dirayakan pada tanggal ini, yuk simak daftarnya berikut ini

Kemerdekaan Dominika dideklarasikan pada tanggal 3 November 1978. Patrick John menjadi Perdana Menteri Dominika yang pertama usai deklarasi Kemerdekaan.

Hari Kemerdekaan Dominika adalah kesempatan untuk memperingati kekayaan budaya dan sejarah negara tersebut. Beberapa acara berlangsung menjelang peringatan hari kemerdekaan ini, seperti Hari Warisan dan Hari Kreol.

Hari Kemerdekaan Cuenca
Tak hanya Dominika, 3 November juga merupakan tanggal kemerdekaan Cuenca, kota di Ekuador. Pemerintah Ekuador menetapkan tanggal kemerdekaan Cuenca ini sebagai Hari Libur Nasional di negara tersebut.

Kota Cuenca mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1820. Kota ini merupakan populasi terbesar ketiga.

Cuenca adalah kota kolonial penting yang memproklamirkan kemerdekaannya dari otoritas Spanyol. Cuenca kemudian bergabung dengan Guayaquil dan Quito menjadi negara bagian Ekuador saat ini.

Hari Kemenangan Maladewa
Tanggal 3 November juga menjadi hari penting bagi Republik Maladewa. Di tanggal ini negara kepulauan tersebut memperingati hari kemenangan Pemerintah Maladewa atas kekuatan yang mencoba melakukan kudeta di negara tersebut.

Pemerintah Maladewa menghadapi berbagai upaya kudeta yang dilakukan oleh kelompok militan bernama Organisasi Pembebasan Rakyat Tamil Eelam (PLOTE) pada tahun 1980. Bahkan beberapa upaya dilakukan untuk membunuh presiden Maladewa saat itu, Maumoon Abdul Gayoom, yang merupakan seorang ulama dan politisi Islam yang dihormati oleh partai politik dan masyarakat Maladewa.

Baca Juga :  Banjir Masih Menggenang di Makassar, Diskominfo Tetap Siagakan Tim Penyelamat

Hari Kemenangan ini ditetapkan sebagai libur nasional, serta perayaan dilakukan disetiap penjuru negeri.

Hari Kebudayaan Jepang (Bunka no Hi)
Di Jepang, 3 November diperingati sebagai Hari Kebudayaan atau Bunka no Hi. Hari Kebudayaan ini ditetapkan oleh Konstitusi Jepang sebagai hari libur nasional.

Pada hari ini masyarakat Jepang merayakan budaya, akademisi, dan seni Jepang. Acara nasional ini dirayakan untuk menghormati budaya tradisional Jepang dan untuk mempromosikan gagasan perdamaian dan kebebasan yang dinyatakan dalam konstitusi Jepang.

Hari Kebudayaan ini secara resmi diumumkan setelah Perang Dunia Kedua. Pada minggu pertama bulan November diperingati Pekan Pendidikan dan Kebudayaan. Acara-acara yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan diadakan minggu ini, yang menciptakan minat mendalam masyarakat terhadap budaya Jepang.


Hari Ibu Rumah Tangga diperingati setiap 3 November. Peringatan ini diadakan untuk menghargai jutaan pekerja keras pengurus rumah tangga.

Kontribusi para ibu rumah tangga kadang tak terlihat. Mereka merawat anak-anak, merawat rumah, serta ratusan tugas kecil di rumah kadang tak disadari. Padahal peran mereka sangat penting dalam melakukan pekerjaan tersebut terus-menerus 24 jam.

Sayangnya, peran mereka yang sangat penting itu tidak mendapatkan pengakuan yang layak. Sehingga Hari Ibu Rumah Tangga ini diperingati untuk menghormati para ibu rumah tangga.

Nah itulah sejumlah peringatan penting yang diperingati pada 3 November 2023. Semoha bermanfaat ya detikers.

Facebook Comments