Pariwisata

Tim Pusaka Nusantara dan Pemerintah Daerah Sul-Sel Perkuat Kerjasama Pelestarian Kebudayaan Gastronomi

Infoasatu.com,Makassar–Dalam rangka menjalin kerjasama yang erat antara Pusaka Rasa Nusantara dan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, menyambut baik kunjungan dan audiensi yang dilakukan oleh tim Pusaka Rasa Nusantara.

Pusaka Rasa Nusantara, sebuah inisiatif preservasi kebudayaan melalui pencatatan dan pendokumentasian resep makanan yang kaya nilai kebudayaan serta memiliki relevansi dengan isu sosial dan lingkungan, mengajukan permohonan audiensi pada hari ini, Rabu, 15 November 2023, pukul 13.00 WIB. Audiensi ini merupakan bagian integral dari agenda ekspedisi mereka ke seluruh wilayah Indonesia.

Chef Ragil Imam Wibowo, salah satu tokoh kuliner ternama Indonesia yang turut terlibat dalam proyek Pusaka Rasa Nusantara, hadir dalam audiensi tersebut. Pusaka Rasa Nusantara memulai perjalanan preservasi ini dengan ekspedisi ke seluruh Indonesia, bertujuan untuk mendokumentasikan kekayaan budaya kuliner yang mungkin terancam punah. Komponen kunci dari agenda ekspedisi ini adalah berdialog dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah yang dikunjungi, termasuk Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam audiensi tersebut, tim Pusaka Rasa Nusantara memaparkan tujuan ekspedisinya, yaitu untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang isu-isu lokal yang mereka teliti, sekaligus memperluas literasi, dokumentasi, dan arsip-arsip kebudayaan gastronomi yang mungkin dimiliki oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan.

Audiensi ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk kerjasama yang produktif antara Pusaka Rasa Nusantara dan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan dalam memajukan pelestarian dan promosi kebudayaan Nusantara.

Facebook Comments
Baca Juga :  Sukseskan Lorong Wisata, Dinas Kebudayaan Luncurkan Aplikasi Digitalisasi Kebudayaan Makassar