Tingkatkan Keamanan Informasi, Diskominfo Gunakan Tools Indeks KAMI

Infoasatu.com, Makassar – Tentang keberhasilan informasi terkait pemberitaan yang disampaikan ke publik, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Ichwan Jacub menilai perlu ada tolak ukur.

Menurutnya, indeks ini mengukur keberhasilan soal kelayakan informasi yang diberikan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terhadap pelayanan publik di bidang informasi.

“Apakah informasi yang diberikan kepada masyarakat itu sudah betul, sudah difilter?” kata Ichwan, Senin, (1/4/2019).

Ichwan mengatakan penting bekerja sama dengan badan siber kedepannya, untuk mengawasi pemberitaan-pemberitaan yang kontennya selalu mengarah berita bohong. Ia juga menyebut soal skala prioritas terhadap berita bohong yang beredar ke publik, perlu melalui pemilahan.

“Konten untuk Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (Sara) kita utamakan, karena muatannya bisa ke mana-mana, sehingga bisa mengganggu keamanan dan stabilitas kota,” jelasnya.

Sementara Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Kota Makassar, Ahmad Kafrawi menerangkan perlunya pengukuran dan standar terkait keamanan informasi dengan menggunakan tools indeks keamanan informasi (Indeks KAMI).

“Indeks KAMI adalah sebuah tools yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat kematangan, tingkat kelengkapan penerapan ISO/IEC 27001:2013 dan gambaran tata kelola keamanan informasi di sebuah organisasi,” terangnya.

Facebook Comments
Baca Juga :  Proyek Middle Ring Road Makassar Terkendala Pembebasan Lahan