Turap Sepanjang 15 Meter di Srengseng Sawah Jaksel Longsor

Infoasatu.com, Jakarta – Turap sepanjang 15 meter yang berada di pinggir Kali di Jalan Sahrin RT 08 RW 02 Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel), longsor pagi tadi. Longsor diduga terjadi akibat hujan deras.

“Penyebabnya yang jelas karena hujan mengenai lereng turap kita, karena kondisi tanahnya juga sudah jenuh, airnya jenuh ditambah beban turapnya sendiri. Jadi konstruksi sekuat apa pun kalau tanahnya jenuh nggak akan kuat,” kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jaksel Mustajab, Kamis (4/2/2021).

Mustajab mengatakan tinggi turap tersebut setinggi 6 meter. Menurutnya, petugas dari Sudin SDA Jaksel tengah melakukan pembersihan puing-puing turap yang runtuh. Turap tersebut baru dibangun satu tahun lalu.

“Panjang turap 15 meter, tinggi 6 meter. Langsung kita tangani. Kita minta satgas dibersihkan puing-puing, dibangun baru,” ujarnya.

Mustajab menuturkan pembangunan turap baru akan dikerjakan dalam dua pekan. Pengerjaan turap terkendala karena alat berat sulit mengakses ke lokasi.

“Dua mingguan baru kerjakan konstruksinya, nggak bisa pakai alat, tempatnya sulit,” tuturnya.

Untuk sementara, turap yang longsor itu akan ditutup terpal ketika hujan. Hal itu dilakukan agar material tanah tidak turun ke kali dan menutup air kali.

“Kalau hujan itu untuk lereng kita lindungi pakai terpal dulu sementara, agar tidak terganggu dari aliran air hujan maupun dari rumah,” pungkasnya.

Facebook Comments
Baca Juga :  Tiga Kecamatan di Aceh Terendam Banjir, Ratusan Warga Mengungsi