Wali Kota Gorontalo Ingin Berguru Cara Makassar Raih LPPD Tertinggi Nasional

Infoasatu.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menerima kunjungan wali kota Gorontalo di ruang kerja, Balaikota Makassar, Rabu, (9/1).

Wali Kota Gorontalo H. Marten A Taha mengatakan pihaknya memboyong beberapa SKPD pemerintah Gorontalo dalam rangka studi EPPD.

Marten mengetahui jika Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) terhadap Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) kota Makassar selalu terbaik secara nasional.

“Kami bermaksud melakukan studi EPPD di kota Makassar. Kami tahu sejak tahun 2014, 2015, 2016, hingga 2017 Makassar selalu diperingkat teratas,” kata Marten.

Di Gorontalo menurutnya, sejak Ia diberi amanah sebagai wali kota, EPPD juga telah meperlihatkan peningkatan, dari urutan 18, naik ke peringkat 8. Sejak dua tahun terakhir berada di urutan ke 5 nasional.

“Inilah yang menjadi konsen kami di tahun 2019. Saya bilang ke SKPD saya, lihat Makassar gimana cara kerja mereka. Dengan indikator kunci kinerja yg begitu banyak, Makassar mampu meraih peringkat teratas. Mari kita mempelajari, studi tiru agar bisa juga meraih peringkat tertinggi,” tukasnya.

Selain itu, saat ini juga, Gorontalo tengah persiapan penyusunan RPJMD. Karenanya kinjungan ini diharapkan bisa mendapatkan materi-materi yang bisa distuditirukan di Gorontalo. Mengingat struktur budaya dan georafis kedua kota ini memiliki kesamaan.

“Konten kearifan lokal jadi basis kebijakan. Sama Makassar. Kami akui pengembangan IT di Makassar juga lebih maju. Jadi kami ingin meniru Pak Danny (wali kota Makassar), ibu Risma Harini (Wali Kota Surabaya), dan Ridwan Kamil (mantan Wali Kota Bandung). Gorontalo juga ingin mengembangkan Command Center seperti yang ada di tiga kota ini,” katanya. 

Danny Pomanto menyambut baik kehadiran wali kota Marten. Ia mengatakan jika kunjungan tersebut merupakan kunjungan sharing kedua kota.

Baca Juga :  Sambut Adipura 2018, Lurah Tello Baru Semangati Satgas Kebersihan

“Silahkan melihat apa-apa yang kami punya, ini sifatnya sharing. Saya yakin setiap daerah memiliki keunggulan dan kita bisa saling belajar satu sama lain. Salah satu yang menjadi kunci kami untuk pencapaian berbagai hal adalah, SKPD kami kompetisikan lewat smart city,” ungkap Danny Pomanto. (*)

Facebook Comments

Idris Muhammad

referensi cerdas