Warga Makassar Terkena TBC Kronik, Begini Reaksi Iqbal Suhaeb

Infoasatu.com, Makassar – Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb menginstruksikan kepada bawahannya untuk segera memberikan pertolongan kepada Baso Sultan Rahman Nurrahim (21), warga Kelurahan Borong Kecamatan Manggala Kota Makassar yang teridentifikasi mengidap TBC kronik. Hal ini dilakukan Iqbal menyusul adanya laporan yang masuk di pesan WhatsApp pribadinya yang mengabarkan bahwa warganya tersebut tergolong tidak mampu dan saat ini terbaring di Rumah Sakit Balai Besar Paru Masyarakat Makassar.

“Kita sementara tangani, tadi sudah kordinasi dengan pihak Balai Besar Paru dan seluruh biaya perawatan untuk Baso sudah dibebaskan. Tim dari dinas kesehatan juga sudah mengecek langsung dan dilaporkan bahwa yang bersangkutan mengidap TBC dan sesak nafas. Kita juga sudah minta Dinas Sosial untuk dimasukkan sebagai peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (BPI) yang bebannya akan ditanggung oleh Pemerintah Kota. Ini harus dibantu, karena memang tergolong keluarga tidak mampu” ujar Iqbal yang saat ini tengah menghadiri peringatan HUT Damkar ke 101 di Yogjakarta, Sabtu (29/2/2020).

Dalam pesan WA tersebut, disebutkan bahwa baso sudah cukup lama mengidap penyakit TBC tanpa tersentuh pengobatan medis karena tidak punya biaya untuk berobat. Kartu BPJS Kelas III yang dimilikinya telah dua tahun tak terbayarkan iurannya.

Ibunya, Almarhumah Andi Jusmiana sebagai tulang punggung keluarga telah meninggal empat tahun yang lalu. Sementara ayahnya Juanda (53) saat ini juga dalam masa penyembuhan dari penyakit stroke.

“Terima kasih kepada pelapor yang memberikan informasi langsung ke kami. Mohon tetap memberikan informasi jika ada situasi seperti ini, bisa langsung hubungi saya, atau melapor ke Puskesmas terdekat, atau bisa juga menelpon ke layanan call center 112. Insya Allah kita pasti segera memberikan pertolongan yang dibutuhkan” ujar Iqbal Suhaeb. (*)

Facebook Comments
Baca Juga :  Iqbal Suhaeb Lepas 4.500 Peserta Fun Bike Indomaret