Kominfo Makassar Monitoring Ketersediaan Jaringan di Pulau Barrang Lompo dan Pulau Barrang Caddi

Infoasatu.com,Makassar–Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Makassar, melakukan pendataan dan monitoring langsung ketersediaan jaringan di Pulau Barrang Lompo dan Pulau Barrang Caddi pada Selasa (21/5/2024).

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Aplikasi Kominfo Makassar, Andi Zulkarnain. Ia mengatakan tujuan kunjungan ini mengidentifikasi permasalahan jaringan dan pendataan untuk pengajuan infrastruktur jaringan di kepulauan.

“Kami melakukan pendataan mulai dari infrastruktur jaringan, kependudukan, kegiatan masyarakat yang ada di pulau ini, dan kami juga langsung mengecek jaringan dan infrastrukturnya terutama cek permasalahan lemah sinyal dan blankspot,” ucapnya.

Lanjutnya, hasil dari pendataan dan monitoring ini akan digunakan sebagai dasar untuk pengajuan ke Kemenkominfo agar pembangunan infrastruktur jaringan di wilayah kepulauan segera dilakukan.

“Data yang kami kumpulkan akan diajukan ke pusat untuk ditindaklanjuti. Proses ini diharapkan bisa berjalan dengan cepat agar masyarakat kepulauan bisa segera menikmati jaringan yang lebih baik,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini baru memulai dari dua pulau tersebut dan akan melanjutkan ke pulau-pulau lainnya. Dengan langkah ini, kata dia, Kominfo Makassar berupaya memastikan bahwa seluruh wilayah di Kecamatan Sangkarrang mendapatkan akses komunikasi yang memadai.

Darmawati, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sangkarrang, menyambut baik kedatangan rombongan Kominfo Makassar di Pulau Barrang Lompo.

“Kunjungan ini sangat penting karena kami bisa menjelaskan keadaan dan kendala yang ada di Pulau Barang Lompo, termasuk permasalahan jaringan,” kata Darmawati.

Menurutnya, akses komunikasi yang baik sangat penting untuk berbagai aspek kehidupan masyarakat pulau, termasuk bidang pendidikan dan kesehatan.

“Anak-anak membutuhkan akses internet untuk belajar, dan layanan kesehatan juga memerlukan komunikasi yang lancar,” ujarnya.

Senada dengan Ketua RW 02 Pulau Barang Caddi, Abdul Rasul, juga menyambut baik kedatangan Kominfo. Ia menyampaikan bahwa kualitas jaringan di Pulau Barang Caddi masih kurang baik dan hanya kuat di titik-titik tertentu saja.

“Kami berharap kehadiran Kominfo Makassar dapat memberikan solusi terhadap masalah jaringan ini dengan segera memperbaikinya,” ujar Abdul.

Selama kunjungan, tim Kominfo Makassar melakukan berbagai pengujian teknis untuk mengidentifikasi area yang mengalami lemah sinyal. Mereka juga berinteraksi dengan warga setempat untuk mendapatkan gambaran langsung mengenai permasalahan yang dihadapi.

Facebook Comments
Nurwana

Leave a Comment

Recent Posts

DP2 Makassar Gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Infoasatu.com,Makassar--Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar meningkatkan upaya pemeriksaan…

3 hari ago

PJ Sekda Kota Makassar, Firman Pagarra Imbau OPD Pacu Kinerja dan Bekerja Optimal

Infoasatu.com,Makassar--PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menyampaikan penjelasan Wali Kota Makassar terhadap rancangan peraturan…

3 hari ago

PJ Sekda Kota Makassar Harap Dukungan Terkait Tata Ruang RT/RW

Infoasatu.com,Makassar--PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra membuka secara resmi kegiatan rapat Forum Penataan Ruang…

3 hari ago

TP PKK Kota Makassar Sosialisasi Penyakit Menular di Sejumlah Lorong PKK

Infoasatu.com,Makassar--TP PKK Kota Makassar menggelar sosialisasi tentang penyakit menular dan tidak menular di sejumlah Lorong…

3 hari ago

Siap Bertarung di Pilkada 2024, Danny Pomanto Sambangi DPW PSI

Infoasatu.com,Makassar--Hanya beberapa jam setelah kepulangan rombongan IAS, giliran Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Ir.…

3 hari ago

Kota Makassar Tunjukkan Eksistensinya di Kancah Pariwisata Internasional

Infoasatu.com,Makassar--Kota Makassar kembali menunjukkan eksistensinya di kancah pariwisata internasional dengan berpartisipasi dalam Beyond Travel Fair…

4 hari ago